//Bupati Luwu Berpesan, Jangan Berhenti Sampai Disini

Bupati Luwu Berpesan, Jangan Berhenti Sampai Disini

Belopa, InfoPublik – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menitipkan pesan kepada para lulusan agar tidak berhenti sampai pada tingkatan SMA saja, tetapi harus melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Pesan ini disampaikannya pada acara Ramah Tamah dan Penamatan Kelas XII Generarasi 49 UPT SMA Negeri 1 Luwu di gedung Simpursiang Kelurahan Senga Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu, kamis (11/4/2019).

“Songsong masa depan kalian dengan menuntut pendidikan yang lebih tinggi, jangan berhenti sampai disini saja”, pesan H. Basmin Mattayang

Menurutnya, selama bergelut dalam dunia pendidikan selama 20 tahun lamanya, H Basmin Mattayang menyimpulkan bahwa pendidikan itu ada tiga (3) tingkatan, yaitu Pendidikan Formal, Pendidikan Informal dan Pendidikan Non Formal.

“Pertama, Pendidikan Formal adalah pendidikan umum yang dijalani seperti biasa, ada sekolah, ada guru dan ada proses pembelajaran. Tingkatan pendidikan formal berjenjang, mulai dari TK sampai ke perguruan tinggi. Kedua, Pendidikan Informal adalah pendidikan yang terjadi dalam lingkup keluarga dimana yang berperan adalah orangtua sebagai pendidik yang sangat berkaitan erat dengan pembentukan karakter anak. Anak-anak memiliki moral yang bagus tergantung bagaimana orang tua mendidiknya. Orang tua harus mengajarkan anaknya untuk menghargai gurunya. Ketiga, Pendidikan Non formal berkaitan dengan bagaimana anak-anak itu bersosialisasi dengan masyarakat, dengan lingkungan dan bagaimana mereka bertingkah laku dalam pergaulan”, jelas H Basmin Mattayang

Saat ini, kata H Basmin Mattayang, pendidikan karakter anak mengalami dekradasi. Disebabkan, karena didikan orang tua yang kurang melakukan penekanan terhadap pembentukan moral dan karakter, bahkan cenderung memberikan contoh yang kurang bagus terhadap anaknya.

“Banyak contoh-contoh kita liat dibeberapa daerah, guru hanya menjewer anaknya, orang tuanya langsung mendatangi sekolah dan memukul guru tersebut. Jika hal ini terjadi di kabupaten Luwu, keluarkan saja anaknya dari sekolah”, tegas H Basmin Mattayang

Pada kesempatan itu, Bupati Luwu menyerahkan Piagam Penghargaan kepada sepuluh siswa yang memperoleh predikat nilai terbaik.

Hadir dalam acara penamatan, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Fadriaty AS, Wakil Ketua DPRD Luwu, Andi Arifin Wajuanna, Staf Ahli Bupati Ilham Labbase, Ketua Alumni SMA 1 Luwu, Muslimin Akib, para Alumni diantaranya, Kepala Dinas Kominfo Luwu, Anwar Usman, Kasatpol PP Andi Iskandar, Perwakilan dari Polres Luwu dan Kejaksaan Negeri Luwu.