//Bupati Luwu Buka Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Luwu di Makassar

Bupati Luwu Buka Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Luwu di Makassar

Makassar, InfoPublik – Setelah dilantik awal September, sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Luwu mengikuti orientasi di Hotel Almadera Makassar. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu, yang berlangsung pada Senin (30/9/2019).

Kegiatan yang rencananya berlangsung hingga tanggal 4 oktober 2019 ini dibuka langsung Bupati Luwu, H Basmin Mattayang. Dalam sambutannya, Bupati Luwu mengatakan harapannya agar orientasi anggota DPRD Luwu melahirkan satu acuan yang bisa menjadi pedoman anggota DPRD dalam melaksanakan tugasnya.

“Mengacu pada UU No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dijelaskan bahwa DPRD memiliki fungsi sebagai Legislasi, yang jika diartikan bahwa antara pemerintah daerah dan DPRD Bekerja sama dalam penyusunan peraturan daerah. Salah satu contoh, penetapan Perda oleh kepala daerah setelah mendapatkan persetujuan bersama DPRD. Fungsi anggaran ( budgeting), ini dapat diartikan bahwa penyusunan anggaran APBD harus berdasarkan persetujuan anggota DPRD dengan melibatkan pemerintah daerah. Dan yang terakhir fungsi pengawasan, dalam fungsi ini DPRD bertugas mengawasi jalannya pemerintahan daerah berkaitan dengan pelaksanaan peraturan daerah”, Kata H Basmin Mattayang

Selain itu, Bupati Luwu juga mengharapkan agar terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dan anggota DPRD untuk mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Luwu yang dituangkan dalam RPJMD 2019-2024 dengan Motto “Kabupaten Luwu yang Maju, Sejahtera, Mandiri dan Religius”.

“Makna dari Motto tersebut adalah Pemerintah Daerah bersama DPRD melakukan berbagai langkah seperti, melakukan tata kelola pemerintahan yang baik melalui aparatur dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, membangun pemerintah daerah yang berkeadilan untuk menghubungkan antara wilayah pelosok guna menujang pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan target pembangunan terutama tentang penegakan Perda, perlindungan terhadap perempuan dan hak perlindungan anak serta pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat miskin”, kata H Basmin Mattayang