//Bupati Luwu Hadiri Musrenbangnas RKP 2020

Bupati Luwu Hadiri Musrenbangnas RKP 2020

Jakarta, InfoPublik – Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) RKP tahun 2020 di Hotel Sangrilla Jakarta, kemarin, kamis (9/5/2019)

Bersama Bupati Luwu, ikut pula dalam rombongan Kepala Bappeda Luwu, Muh. Rudi, Sekretaris Bappeda, Rahman, Kabid Perencanaan, M. Iqbal Halwi dan Tim Percepatan Pembangunan Daerah.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang membuka langsung acara tersebut menyampaikan arahan terkait tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan Visi Indonesia tahun 2045 (100 tahun Indonesia Merdeka)

Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia harus dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, yaitu:

  1. Infrastruktur.
    Negara harus dapat mewujudkan pemerataan infrastruktur.
  2. Reformasi birokrasi dan reformasi struktural harus betul-betul dijalankan
  3. Pembanguan SDM.
  4. Pendidikan harus link and match dengan industri, sehingga sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Ada 259 izin membuat investor terengah-engah. Sudah dipotong menjadi 58 izin, namun jumlah ini masih terlalu banyak, maksimal 5 izin (investasi listrik)”, kata Jokowi

Menurutnya, Problem, tantangan, dan persoalan sudah terlihat, tinggal masyarakat Indonesia mau atau tidak untuk menyelesaikannya.

“Upaya yang keras dapat mewujudkan Indonesia 2045 menjadi negara ekonomi terbesar ke-4 atau ke-5 di dunia. Tapi jika terjebak dengan rutinitas, tidak berani berubah, maka jangan bermimpi untuk itu”, tutupnya.