//Bupati Luwu Minta BPD aktif Sosialisasikan Demokrasi Damai.

Bupati Luwu Minta BPD aktif Sosialisasikan Demokrasi Damai.

Belopa, InfoPublik – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) aktif dalam mensosialisasikan pesta demokrasi pemilihan kepala desa agar berjalan tertib, aman dan damai. Hal ini disampaikan H Basmin Mattayang usai mengambil sumpah/janji 82 anggota BPD dari 15 Desa di wilayah kabupaten Luwu, selasa (2/7/2019) di aula pertemuan Andi Kambo Kompleks Perkantoran pemkab Luwu.

Selain melantik anggota BPD, Bupati Luwu juga melantik Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) desa Malewong kecamatan Larompong Selatan.

BPD yang dianggap sebagai DPRnya desa ini diharapkan bisa menjalin kebersamaan dengan pemerintah dalam membangun kabupaten Luwu.

“Anggota BPD itu adalah perwakilan masyarakat yang memiliki tugas pokok menampung aspirasi masyarakat. BPD akan memiliki peran sangat penting dalam membantu pemerintah memajukan kabupaten Luwu. Caranya, harus betul-betul paham apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yang kemudian menyampaikan kebutuhan itu melalui kepala desa dan diteruskan kepada Saya”, kata H Basmin Mattayang.

Dalam kaitannya menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala desa kedepan, H Basmin Mattayang berharap BPD ikut mengajar masyarakat berpolitik secara dewasa.

“Dewasa dalam berpolitik artinya bahwa perbedaan itu adalah anugerah, namun jangan karena beda pendapat sehingga kita saling bermusuhan. Harus menghindari yang namanya caci mencaci. Saat pesta demokrasi kita boleh berseberangan, namun setelah ada yang terpilih jadi kepala desa, kita harus kembali saling merangkul untuk membangun desa kita”, kata H Basmin Mattayang.

Bupati Luwu juga berpesan kepada Kepala OPD, Camat, serta seluruh aparat desa, dalam menghadapi pemilihan kepala desa mendatang jangan sampai ada yang melakukan intervensi kepada masyarakat. Jika ditemukan aparat yang melakukan intervensi maka Bupati Luwu akan memberikan sanksi sesuai pelanggarannya, bahkan jika melakukan pelanggaran berat maka sanksi pemecatan akan menanti. Rilis