//Dilaksanakan Secara Virtual, Bupati Luwu Ikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah

Dilaksanakan Secara Virtual, Bupati Luwu Ikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang mengikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah (Rakernas AP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI melalui virtual meeting di rumah jabatan Bupati, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara, Selasa (22/9/2020)

Rakernas AP merupakan agenda tahunan Kementerian Keuangan yang diselenggarakan dalam rangka mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Keuangan Negara secara berkelanjutan. Di tengah kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Negara menghadapi tantangan untuk dapat mensinergikan pengelolaan Keuangan Negara dengan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Untuk menyelaraskan hal tersebut, maka pelaksanaan Rakernas AP Tahun 2020 ini mengusung tema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” Kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat membuka acara Rakernas yang dikemas dalam bentuk TalkShow.

Menteri Keuangan juga memberikan apresiasi kepada seluruh daerah di Indonesia atas pencapaian daerah tersebut dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 5 dan 10.

Hadir sebagai narasumber antara lain Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Febrio Kacaribu, Deputi Pengawasan Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Salamat Simanullang, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Andin Hadianto

Rangkaian pelaksanaan Rakernas AP Tahun 2020 diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain Kegiatan Pra Rakernas Senin-Sabtu (14-19 September 2020). Kegiatan diselenggarakan untuk seluruh kalangan, termasuk generasi milenial dalam rangka menggugah kesadaran diri para milenial terhadap pengelolaan Keuangan Negara. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk perlombaan, seperti Cerdas Cermat secara online melalui aplikasi Kahoot/Quizizz, Pembuatan Poster IG/Facebook dengan tema “Membangun Akuntabilitas di Masa Pandemi COVID-19”, dan Pembuatan Quotes dengan tema “Peduli Akuntabilitas di Masa Pandemi COVID-19”.

Sedangkan Rabu-Kamis (23-24 September 2020) akan di gelar Web Seminar dan Coaching Clinic secara Online. Coaching Clinic Online akan dilaksanakan secara paralel untuk 3 (tiga) tema, yakni (1) Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dengan pembahasan meliputi Aset Tetap, Transfer, dan Hibah, (2) Kekayaan Negara (KN) dengan pembahasan meliputi Asuransi BMN, Jabatan Fungsional Penatalaksana barang, serta Pemanfaatan BMN, (3) Perimbangan Keuangan (PK) dengan pembahasan meliputi Kebijakan Pengelolaan Dana Transfer Umum, Dana Transfer Khusus, serta Pengelolaan Keuangan Daerah.