//Jelang Lebaran, Penjualan Ikan Hias Meningkat

Jelang Lebaran, Penjualan Ikan Hias Meningkat

Belopa, InfoPublik – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, penjualan ikan hias meningkat dibanding hari-hari biasa diluar bulan ramadhan. Hal ini diakui oleh Alul, salah seorang penjual ikan saat redaksi media ini mengunjunginya, Ahad (2/6/2019) di kawasan Pasar Sentral Kota Belopa Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu.

Menurutnya, tidak seperti hari biasa, sejak sepekan menjelang lebaran, penjualan ikan hias berbagai jenis justru meningkat.

“Sejak sepekan ini, penjualan ikan hias meningkat. Jika hari biasa hanya 5 – 10 bungkus yang terjual, tapi saat seperti ini bisa sampai puluhan bungkus yang laku terjual”, katanya.

Omzet yang didapatnya juga semakin meningkat, sebab pembeli tidak hanya membeli ikan hias, tapi juga berbagai aksesoris dan pakan ikan hias.

Namun, disela meningkatnya penjualan ikan hias, Alul mengeluhkan tingginya biaya pengiriman dari pulau Jawa yang disebabkan karena semakin meningkatnya biaya tiket pesawat dan karantina hewan dibandara.

“Tahun ini terpaksa kami menjual ikan hias dengan harga agak tinggi karena kami harus mengikuti pengeluaran dari segi biaya pengiriman”, jelas Alul.

Iwan, salah seorang penggemar ikan hias mengaku, dirinya sengaja membeli ikan hias untuk dipelihara dan menambah koleksi di aquarium sebagai hiasan rumah dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.