//Manfaatkan Hari Libur, Bupati Luwu Keliling Kampung

Manfaatkan Hari Libur, Bupati Luwu Keliling Kampung

Belopa, InfoPublik – Seperti biasanya, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang memanfaatkan waktu libur kantor dengan berkeliling kampung terutama didaerah-daerah terpencil untuk bertatap muka langsung dengan masyarakatnya. Hal ini kembali dilakukan pada hari Sabtu (5/10/2019).

Hari itu, Pasar baru Noling Kecamatan Bupon menjadi tempat pertama yang dikunjungi Bupati Luwu. Didampingi oleh Plt Camat Bupon, Albaruddin, Bupati Luwu berdialog dengan warga terkait pasar yang baru mereka tempati tersebut.

“Alhamdulillah senang sekali berjumpa dan berdialog langsung untuk mendengar masukan-masukan dan keluhan dari masyarakat. Kenapa hal ini sering saya lakukan, agar kita bisa tahu dan mendengar langsung dari masyarakat apa yang menjadi kebutuhan mereka”, kata H Basmin Mattayang

Dari hasil pemantauan di Pasar baru Noling, Bupati Luwu meminta kepada Camat Bupon agar memasukkan usulan penimbunan seluas 1 Hektar dilokasi pasar untuk menghindari terjadinya genangan air saat memasuki musim hujan. Selain itu, untuk memudahkan masyarakat sekitar menuju pasar, Bupati Luwu meminta agar Camat Bupon melakukan komunikasi dengan pemilik lahan agar dapat dibuatkan jalan yang menhubungkan Yaminas dengan pasar Noling.

Perjalanan kemudian dilanjukan menuju Desa Tampumia Kecamatan Bupon. Ditengah jalan Bupati Luwu menyempatkan meninjau pembangunan rehabilitasi sekolah SDN 585 Padang Ma’bud yang memiliki siswa sekitar 40 orang.

“Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah daerah saat ini adalah pendidikan. Ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat selain kesehatan”, kata H Basmin Mattayang.

Sebelum meninggalkan lokasi sekolah, Bupati Luwu mengajak siswa-siswi SDN 585 Padang Ma’bud untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.

Tidak jauh dari Lokasi sekolah, Bupati Luwu bersama Masyarakat menggiling jagung yang baru saja dipanen.

Atas masukan dari masyarakat, Bupati Luwu kembali meminta Camat Bupon untuk memasukkan usulan pengadaan pabrik jagung serta pergantian bibit padi masyarakat yang mengalami gagal panen seluas 30 hektar akibat kekurangan air dimusim kemarau.

Masih di lokasi desa yang sama, Bupati Luwu menghadiri pesta syukuran masyarakat atas pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 yang aman dan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan jaringan irigasi sepanjang 250 meter.

Usai dari desa Tampumia, perjalanan kemudian mengarah ke kecamatan Bastem untuk meninjau progres pembangunan jalan Bypass yang menghubungkan kecamatan Bua dengan Toraja Utara.

“Bersama saya ikut tenaga ahli Gubernur Sulsel, pak Bustam untuk melihat langsung sejauh mana progres pembangunan jalan Bypass ini, sehingga bapak Gubernur bisa dapat masukan langsung dari beliau terkait pembangunan jalan ini”, kata H Basmin Mattayang.