//Mendapat Dukungan Dari Pemprov, Basmin Mattayang Optimis Bawa Luwu Semakin Maju

Mendapat Dukungan Dari Pemprov, Basmin Mattayang Optimis Bawa Luwu Semakin Maju

Belopa, InfoPublik – Pemerintah dan masyarakat kabupaten Luwu, hari ini, Kamis (13/2/2020) berkumpul di halaman belakang rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-14 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir bersama para tamu undangan lainnya. Kehadiran Wakil Gubernur Sulsel tersebut merupakan angin segar bagi masyarakat Kabupaten Luwu, selain menghadiri peringatan HUT Belopa juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan senilai Rp 138 Miliar lebih kepada Bupati Luwu yang akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta bantuan keuangan daerah. Bukan hanya menyerahkan bantuan dana, Andi Sudirman Sulaiman juga menyerahkan bantuan hibah berupa 1 unit mobil Pemadam Kebakaran, 1 unit mobil Ambulance dan 1 unit mobil Bus Perintis.

”Bantuan ini sebagai bentuk sinergitas program antara pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan pemerintah kabupaten Luwu. Sesuai komitmen pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bahwa pada tahun 2020, siapa saja daerah yang siap menyerap anggaran maka akan kami dahulukan dan salah satu kabupaten yang menyatakan siap adalah kabupaten Luwu sehingga pada hari ini kami menyerahkan bantuan Anggaran ini untuk membangun infrastruktur jalan yang menghubungkan kabupaten Luwu dengan kabupaten Sidrap dan jalur Bua-Toraja Utara, tujuannya untuk kemudahaan akses jalan, memperpendek jarak tempuh dan yang paling utama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat”, kata Andi Sudirman Sulaiman.

Menerima Bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang merasa optimis dimasa pemerintahannya bersama Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak akan membawa perubahan yang lebih maju, mandiri, berdaya saing dan sejahtera bagi masyarakat kabupaten Luwu dengan nuansa religius.

“Saya yakin bumi Sawerigading ini akan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Provinsi Sulawesi Selatan. Hari ini merupakan momentum untuk memupuk semangat, kebersamaan, persatuan untuk meraih banyak kemajuan dan prestasi bersama. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang cukup berat menanti kita untuk memajukan daerah ini. Dalam hati dan pikiran kita semua, bagaimana membina, menjaga, dan meningkatkan rasa kebersamaan, kekompakan seraya bersemangat untuk meraih kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di bumi Sawerigading ini, sesuai dengan semboyan kita Wanua Mappatuo Na Ewai Alena”, kata H Basmin Mattayang

Usai penyerahan bantuan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Pemanfaaatan rumah Jabatan Bupati Luwu, Pemanfaatan IKM Barambing, Peresmian Gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dan Peresmian jembatan rangka baja Lempopacci – Padang Lambe

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana peringatan HUT Belopa dilaksanakan di Lapangan Andi Djemma, namun pada tahun ini terasa sangat spesial karena untuk pertama kalinya peringatan HUT Belopa dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Luwu.

Bukan hanya itu saja, berbagai kegiatan mewarnai rangkaian acara peringatan HUT Belopa tahun 2020. Diawali dengan Turnament Sepakbola Bupati Luwu Cup I, Jelajah Alam Luwu yang dihadiri ratusan offroader, Turnament Tennis Meja, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan menulis Esai, Tabliqh Akbar, Teleconverence dengan para petani diseluruh kecamatan, desa dan kantor pemerintah dalam rangka gerakan menanam sayuran serentak se Kabupaten Luwu, Lomba Hias Rakki dan makan bersama masyarakat dengan pemerintah. Rangkaian kegiatan memperingati HUT Belopa akan diakhiri dengan Jelajah Alam Belopa yang akan diikuti oleh ratusan Crosser membuat peringatan HUT Belopa tahun ini sangat meriah.