//Pada Peringatan HKN Ke 55, Bupati Luwu Tekankan Camat dan Kapus Jadi Motor Penggerak Terciptanya Kabupaten Sehat

Pada Peringatan HKN Ke 55, Bupati Luwu Tekankan Camat dan Kapus Jadi Motor Penggerak Terciptanya Kabupaten Sehat

Belopa, InfoPublik – Pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 55 tahun 2019 dengan tema ‘Generasi Sehat Indonesia Unggul’ di lapangan upacara komplek perkantoran Pemkab Luwu, Kelurahan Senga, Rabu (20/11/2019), Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menekankan kepada para Camat dan Kepala Puskesmas (Kapus) se Kabupaten Luwu untuk menjadi motor penggerak terciptanya kabupaten Luwu sebagai kabupaten sehat.

“Kabupaten sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah – masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten sehingga peran aktif para camat dan kepala puskesmas selaku motor penggerak sangat diharapkan”, kata H Basmin Mattayang.

Berdasarkan penilaian dari Tim Verifikasi lapangan kabupaten sehat tingkat nasional yang terdiri dari Perwakilan Kementerian kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan dari 9 tatanan penilaian yang diantaranya menyangkut kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalulintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, ketahanan pangan dan gizi, masyarakat sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, Pertambangan dan Kehutanan, tahun 2019, kabupaten Luwu belum berhasil meraih predikat kabupaten sehat sehingga menurut Bupati Luwu ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) seluruh stakeholder lingkup pemerinrah kabupaten Luwu.

“Kedepan, ini menjadi tugas kita bersama untuk bisa kembali meraih predikat kabupaten sehat. Camat dan Kapus sebagai motor penggerak masyarakat, Dinas-dinas bertindak sebagai motivator. Selain itu, pada HKN tahun 2019, ada beberapa yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat, antara lain persoalan Stunting dan jaminan Kesehatan Nasional serta dua persoalan lainnya yang harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan. Keempat persoalan ini akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya”, kata H Basmin Mattayang.

Dalam upaya merealisasikan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Luwu dibidang kesehatan, peringatan HKN Ke 55 tahun 2019 tingkat kabupaten Luwu dirangkaikan dengan penyerahan empat (4) unit Mobil Ambulance oleh Bupati Luwu kepada Puskesmas Latimojong, Puskesmas Bassesang Tempe, Puskesmas Bassesang Tempe Utara dan Puskesmas Walenrang Barat. Selain Penyerahan Mobil Ambulance, sebanyak 15 orang Kepala Desa/Lurah menerima piagam penghargaan Desa ODF (Open Defecation Free) dan pemberian penghargaan kepada Puskesmas Ponrang sebagai Puskesmas pertama di kabupaten Luwu yang terakreditasi Paripurna, begitu pula penghargaan diberikan kepada Puskesmas Bajo Barat, Latimojong, Walenrang, walenrang Utara, Walenrang Timur, walenrang Barat dan Lamasi Timur dengan predikat akreditasi Madya.

Pada Kesempatan itu pula, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang yang didampingi oleh ketua DPRD Kab Luwu, Rusli Sunali, Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso, Pabung Luwu, Mayor Arm Syafaruddin menyerahkan Penghargaan kepada Tenaga Kesehatan teladan yang mencakup perawat teladan, Bidan Teladan dan Apoteker Teladan.