//Paparkan Visi Misi, Bupati Luwu Prioritaskan Program Penyediaan dan Peningkatan Infrastruktur Dasar

Paparkan Visi Misi, Bupati Luwu Prioritaskan Program Penyediaan dan Peningkatan Infrastruktur Dasar

Belopa – DPRD Luwu menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka penyampaian Pidato Visi dan Misi Bupati dan Wabup Luwu periode 2019-2024, dan serah terima jabatan Bupati Luwu, Senin 18 Februari 2019 di ruang rapat Paripurna kantor DPRD Luwu

Sebelum Rapat paripurna terlebih dahulu dilaksanakan serah terima jabatan Bupati Luwu dari Plh. Bupati Luwu H. Syaiful Alam kepada Bupati Luwu H. Basmin Mattayang yang disaksikan oleh Wabup Luwu Syukur Bijak, dan Plt. Asisten I Setda Prop. Sulsel Ir. H. Salim.

Rapat paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Luwu H. Andi Muharrir dan dihadiri oleh para undangan diantaranya Anggota DPRD Prov. Sulsel dari fraksi Demokrat Ir. Fadriaty AS, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf. M. Imasfy, Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso, Kejari Belopa Gede Edy Bujayanasa, SH.MH, Kepala Pengadilan Negeri Belopa I Made Yuliada, Ketua KPU Luwu Hasan Sufyan, Anggota DPRD Luwu, Kepala-kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu serta para Camat dan ASN.

Memulai Pidato Visi Misi, Bupati Luwu Drs. H. Basmin Mattayang terlebih dahulu mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Luwu yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan H. Basmin Mattayang dan Syukur Bijak untuk memimpin Pemerintahan di Kabupaten Luwu periode 2019-2024.

Tak Lupa Pula Ucapan terima kasih kepada Penyelenggara Pemilu mulai dari KPU, Panwaslu, TNI, Polri serta dukungan semua pihak yang bekerja keras dalam mensukseskan pilkada yang aman dan damai.

Bupati Luwu H. Basmin Mattayang dalam pidatonya menyampaikan bahwa dalam mewujudkan Visi Misi perlu ada kerjasama yang baik dengan seluruh elemen serta perlu ada kolaborasi dengan masyarakat sebagai perancang dan pelaku Pembangunan.

“Pemerintah itu perlu melakukan pelayanan yang cepat, kongkrit dan responsive bagi masyarakat yang paling membutuhkan. Atas dasar itu, maka pada Tahun-tahun pertama pemerintahan saya dan pak Syukur Bijak, kami akan memprioritaskan Program Penyediaan dan peningkatan Infrastuktur dasar untuk mendukung usaha ekonomi masyarakat khususnya pertanian, peningkatan akses dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan yang cepat, proaktif dan responsive serta siaga 24 jam. Penyediaan rumah layak huni, peningkatan ketersediaan dan kualitas pangan dan peningkatan akses untuk wilayah terisolir”, kata H. Basmin Mattayang

Menurut Bupati Luwu, Visi Misi Pembangunan Daerah adalah Kristalisasi dari aspirasi, cita-cita, harapan dan ikhtiar sebuah daerah untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan bermartabat.

Lebih lanjut, Bupati Luwu menjelaskan bahwa Terdapat 5 Pondasi bagi perumusan Visi dan Misi pembangunan Daerah Kabupaten Luwu lima tahun kedepan yaitu :

  1. Pencapaian Kinerja Pembangunan Daerah (RPJMD) periode sebelumnya
  2. Tujuan dan Sasaran pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD)
  3. Potensi dan persoalan/isu-isu strategis daerah
  4. Aspirasi dan kebutuhan masyarakat dan
  5. Keinginan melakukan inovasi daerah baik terkait reformasi birokrasi maupun pada sector-sektor yang berdampak langsung terhadap pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Berpijak pada kelima pondasi tersebut, maka visi pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Luwu periode 2019-2024 adalah :

“Kabupaten Luwu yang Maju, Sejahtera dan Mandiri dalam Nuansa Religius”

Visi ini akan diwujudkan dalam sepuluh Misi, yaitu :

  1. Mewujudkan pemerintahan yang professional
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.
  3. Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas
  4. Pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan koperasi, usaha mikro kecil menengah dan perluasan lapangan kerja.
  5. Mewujudkan ketahanan pangan dan perekonomian daerah yang tangguh berbasisi agrobisnis
  6. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dalam mewujudkan masyarakat kabupaten luwu yang religious
  7. Optimalisasi otonomi desa dan pemberdayaan masyarakat pedesaan
  8. Menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif berwawasan lingkungan dan system pengupahan yang berkeadilan
  9. kesembilan Penegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia untuk mendorong Partisipasi Publik yang dinamis dan konstruktif,
  10. Mewujudkan kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup serta penanggulangan bencana

Usai Pemaparan Visi-Misi dilanjutkan pemberian ucapan selamat dari para peserta rapat kepada Bupati dan Wakil Bupati Periode 2019-2024 Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd dan Syukur Bijak, SE. M.Si