//Peringati Hari Amal Bakti Ke-74, Bupati Luwu Minta Kemenag Jadi Ujung Tombak Terwujudnya Luwu Sebagai Daerah Religius

Peringati Hari Amal Bakti Ke-74, Bupati Luwu Minta Kemenag Jadi Ujung Tombak Terwujudnya Luwu Sebagai Daerah Religius

Belopa, InfoPublik – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu menggelar upacara dan ramah tamah dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama di lapangan upacara kantor Bupati Luwu, kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Jum’at (3/1/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak, Sekda Luwu, Ridwan Tumba Lolo, Pabung Luwu, Mayor Arm Syafaruddin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Luwu, H Djufri, para staf ahli bupati, kepala OPD dan Ketua TP-PKK Kab Luwu, Hj Hayarna Basmin.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, bertindak selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan bahwa Jajaran Kementerian Agama harus bisa menjadi agen perubahan.

“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti tahun 2020 ini, yakni “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di pusat dan di daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat”, kata H Basmin Mattayang.

Berkaitan dengan program pemerintah daerah untuk mewujudkan kabupaten Luwu sebagai daerah religius, Bupati Luwu meminta kementerian agama turut berperan aktif sebagai ujung tombaknya.

“Salah satu program unggulan yang terus kami gaungkan, adalah bagaimana membawa kabupaten Luwu ini menjadi daerah religius dan bermartabat dimana semua elemen masyarakat harus berperan aktif didalam mewujudkan program ini dan yang paling utama adalah peran dari kementerian agama sebagai ujung tombaknya”, Kata H Basmin Mattayang

Menurut Bupati Luwu, Kementerian Agama yang memiliki tugas utama membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Maka, Kementerian Agama harus mampu menyelenggarakan dua fungsi strategis, yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan.

Berdasarkan Laporan Ketua Panitia, H A Baso Aqil, Rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama kabupaten Luwu dimulai sejak tanggal 22 desember 2019 dengan diadakannya Gerak Jalan Kerukunan dan dilanjutkan Porseni antar Pegawai dan Siswa serta pemberian Satyalancana Karya Satya kepada 50 orang ASN lingkup Kementerian Agama atas pengabdian 10 dan 20 tahun.