//Rakor Dewan Ketahanan Pangan, Ketua TP-PKK Minta Galakkan Gerakan Menanam Sayuran

Rakor Dewan Ketahanan Pangan, Ketua TP-PKK Minta Galakkan Gerakan Menanam Sayuran

Belopa, InfoPublik – Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Luwu menggelar rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan dengan mengangkat tema ‘Memperkuat komitmen dan sinergi untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan dan perekonomian daerah yang Tangguh berbasis agribisnis’ di aula pertemuan kantor Bappeda Luwu kelurahan Senga kecamatan Belopa, Kamis (19/12/2019).

Sekretaris Daerah Luwu, Ridwan Tumbalolo dalam sambutannya mengatakan bahwa kebutuhan Pangan dan kualitas sumber daya manusia adalah dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.

“Pemenuhan pangan secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek dasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Hal ini harus terus menerus di persiapkan dengan baik guna menghadapi persaingan global yang semakin ketat”, kata Ridwan Tumbalolo.

Menurutnya, karena pentingnya kebutuhan pangan ini bagi masyarakat, sehingga pemerintah kabupaten Luwu memasukkan sebagai salah satu program prioritas pada RPJMD tahun 2019-2024.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin meminta kepada pemerintah kabupaten Luwu agar dibuatkan kebijakan terkait pemanfaatan pekarangan rumah dalam rangka menunjang ketersediaan pangan keluarga.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan keluarga dapat mengeluarkan sebuah kebijakan yang intinya menekankankan kepada masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur mayur dan buah-buahan, serta perlunya ada aktifitas gerakan menanam sayur mayur dan buah-buahan secara serentak minimal setahun sekali”, kata Hj Hayarna Basmin