//RSUD KH Hayyung Studi Banding Ke RSUD Batara Guru Belopa

RSUD KH Hayyung Studi Banding Ke RSUD Batara Guru Belopa

Belopa, InfoPublik – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH Hayyung Kabupaten Kepulauan Selayar menjadikan pilihan RSUD Batara Guru Belopa sebagai lokasi untuk melaksanakan studi banding dalam rangka persiapan akreditasi. Dengan Menggunakan 2 Bus Pariwisata, Rombongan RSUD KH Hayyung tiba di RSUD Batara Guru, Belopa, Selasa (6/8/2019)

Direktur RSUD KH Hayyung Kab Selayar, Dr. Hazairin Nur mengatakan bahwa terpilihnya RSUD Batara Guru Belopa sebagai tujuan untuk melaksanakan program studi banding dalam rangka akreditasi rumah sakit karena RSUD Batara Guru telah memiliki sertifikat Akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)

“Kami ada beberapa pilihan untuk melaksanakan studi banding termasuk ke pulau jawa, namun pilihan kami jatuh pada RSUD Batara Guru Belopa ini karena selain masih dalam wilayah provinsi Sulawesi Selatan, RSUD Batara Guru Belopa ini juga merupakan salah satu rumah sakit yang telah memiliki Sertifikat Akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit pusat dan lulus dengan predikat Paripurna atau dengan predikat bintang lima”, kata Dr. Hazairin Nur

Sebelumnya, tahun 2016 lalu RSUD KH Hayyung telah mengikuti proses akreditasi perdana dan pada tahun 2019 ini akan mengikuti Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi I dari KARS Pusat.

“Tentunya kami yang terletak didaerah kepulauan yang sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau daerah lain terutama jika ada pasien yang akan dirujuk, sehingga ini yang menjadi motivasi kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit KH Hayyung Kab Selayar. selain peningkatan fasilitas kesehatan, managemen hingga peningkatan SDM menjadi tujuan kami dalam studi banding ini guna memenuhi SNARS Edisi I”, kata Dr. Hazairin Nur

Hal Senada diungkapkan pula oleh Wakil Ketua DPRD Kab Selayar, Muh Aris Ridwan yang didampingi beberapa anggota komisi II yang ikut mendampingi Rombongan RSUD KH Hayyung dalam Studi Banding kali ini. Menurutnya, Keikutsertaan anggota DPRD Kab selayar dalam studi banding sebagai bentuk dukungan legislatif terhadap kinerja RSUD KH Hayyung yang merupakan mitra kerja komisi II.

Sedangkan Direktur RSUD Batara Guru Belopa, Dr. Fatriawaty Rifai menyambut baik kedatangan tim akreditasi RSUD KH Hayyung kab Selayar untuk melihat apa saja yang dilakukan RSUD Batara Guru Belopa hingga mampu mendapatkan akreditasi bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan baru-baru ini.

“Selamat datang dan terima kasih karena telah memilih RSUD Batara Guru sebagai tujuan studi banding. Dalam mencapai SNARS Edisi I tentunya kami seluruh komponen RSUD Batara Guru telah berupaya keras dengan dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, menyiapkan semua fasilitas maupun pelayanan sehingga baru-baru ini kami berhasil menambah predikat rumah sakit menjadi Paripurna atau bintang lima,” Dr. Fatriawaty Rifai

Menurut Dr. Fatriawaty Rifai, Peran Pemerintah Daerah sangat penting dalam mendukung terpenuhinya Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit dan menjadi penilaian plus bagi tim Survey KARS terhadap dukungan dan kerjasama Pemerintah dengan pihak rumah sakit.