//Tingkatkan Layanan Telekomunikasi, Diskominfo-SP Luwu Hadirkan SIPEMALU

Tingkatkan Layanan Telekomunikasi, Diskominfo-SP Luwu Hadirkan SIPEMALU

Dalam rangka peningkatan pelayanan telekomunikasi, Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) menghadirkan aplikasi SIPEMALU yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Pengendalian Menara Luwu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo-SP, Irwan menyampaikan bahwa aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pendataan pengelolaan dan pengawasan peta sebaran menara telekomunikasi di wilayah kabupaten luwu dan memudahkan dalam memproses permohonan izin rekomendasi pembangunan menara.

“Aplikasi ini juga dapat memonitoring PAD menara telekomunikasi dengan melaksanakan proses verifikasi dan validasi data menara telekomunikasi dengan baik,” terang Irwan saat ditemui diruangannya, Selasa (02/08/2022).

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini ialah peta sebaran menara terhubung dengan google map, sehingga tampak jelas lokasi atau titik sebaran menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Luwu. Pada titik menara tersebut, aplikasi ini menyajikan data menara telekomunikasi disertai foto hasil monitoring tim Dinas Kominfo-SP.

“Selain fungsi monitoring, aplikasi ini menyediakan layanan bagi vendor untuk mengajukan penerbitan rekomendasi pembangunan menara,” imbuh Irwan.

Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Luwu, Ir H Muhammad saat dikonfirmasi berharap dengan adanya aplikasi ini, dapat lebih memudahkan tugas Diskominfo-SP dan akses informasi masyarakat terkait menara di Kabupaten Luwu.

“Yang jelas saya selaku pimpinan sangat mendukung, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inovasi sistem pemantauan menara Luwu karena melalui aplikasi itu dapat memudah pemantauan juga mudahkan masyarakat dan investor terhadap sebaran telekomunikasi di Kabupaten Luwu termasuk daerah yang masih blank spot. Jumlah vendor dan pemiliknya, pengguna menara atau provider dapat diketahui sehingga retribusinya juga mudah untuk ditagih,” kuncinya.