//TP-PKK Kunjungi Kebun Sayur Dinas Pertanian Kab Luwu

TP-PKK Kunjungi Kebun Sayur Dinas Pertanian Kab Luwu

Belopa, InfoPublik – Usai melakukan pertemuan rutin di Kecamatan Kamanre, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Hj. Hayarna Basmin didampingi Wakil Ketua, Elnita Pakolo beserta jajaran TP-PKK meninjau kebun sayur yang terletak di halaman belakang kantor Dinas Pertanian Kab Luwu, Selasa (7/1/2020)

Kebun Sayur yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian merupakan tanaman sayuran organik yang rencananya akan dilakukan panen perdana dalam beberapa hari kedepan. Menurut Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian, Sohar, mengatakan tidak ada alasan untuk tidak menanam di pekarangan rumah, meski sempit.

“Sebagai leading sektor di bidang pertanian sekaligus dalam rangka sinergitas dengan program TP-PKK Kabupaten Luwu kita memberikan contoh kepada para ASN lingkup pemerintah kabupaten Luwu dan kepada masyarakat bagaimana pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran”, kata Sohar
Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak menanam di pekarangan rumah, meski sempit. Disamping melalui media tanam langsun di tanah, ada pula media tadah air atau Hydroponik.

“Ada dua macam cara untuk menanam, Ada model tanaman konvensional dilakukan di halaman yang luas dan ada yang melalui system vertikultur (dikembangkan di halaman yang sempit) dengan jenis tanaman sayuran seperti bayam, sawi, kangkung, dan pakchoi”, jelas Sohar dihadapan Ketua TP-PKK dan jajarannya.

Ketua TP-PKK Kab Luwu, Hj Hayarna Basmin mengungkapkan bahwa pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran menjadi program prioritasnya sebagai salah satu cara untuk pemenuhan kebutuhan gizi bagi keluarga sehingga dapat mencegah terjadi gizi buruk.

“Selama kepengurusan kami, pemanfaatan pekarangan untuk menanam sayuran ini menjadi prioritas dan ini telah didukung oleh pemerintah daerah. Program penanaman sayur ini diawali dalam wilayah kecil atau skala keluarga untuk dikonsumsi dan jika memungkinkan dapat menjadi tambahan penghasilan bagi keluarga sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga”, terang Hj Hayarna Basmin

Kegiatan kunjungan ini dilanjutkan dengan demo memasak berbagai macam makanan berbahan dasar jamur.