//Wabup Berpesan Jama’ah Calon Haji Luwu Perbaiki Niat Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

Wabup Berpesan Jama’ah Calon Haji Luwu Perbaiki Niat Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

Belopa, Infopublik – Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak kembali mengingatkan para Jama’ah Calon Haji kabupaten Luwu agar senantiasa mengawali segala rangkaian manasik haji dengan niat tulus beribadah kepada Allah, SWT sesuai aturan yang telah ditetapkan. Hal ini disampaikan oleh Syukur Bijak sebelum melepas keberangkatan Jama’ah Calon Haji Kabupaten Luwu di Gedung Simpurusiang belopa, selasa dini hari (17/7/2019).

“Untuk memperoleh haji Mabrur, awali semua rangkaian manasik haji dengan niat yang tulus, semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah, SWT dan menjalankan salah satu kewajiban yaitu menunaikan Rukun Islam yang kelima dengan baik”,kata Sykur Bijak.

Setelah berniat untuk ibadah, para Jama’ah Calon Haji juga harus memperhatikan beberapa hal yang dapat menghilangkan kemabruran haji, diantaranya sifat Rafats, atau perbuatan dosa yang disebabkan karena pengaruh gejolak nafsu birahi, sifat Fusuq, yaitu perbuatan dosa yang disebabkan oleh ssifat tercela seperti sombong, iri, dengki dan riak serta sifat Jidal atau perbuatan dosa yang disebabkan oleh kurang bersabar dalam segala hal sehingga menimbulkan pertengkaran dan saling membantah.

Selain menyangkut tentang aturan dalam beribadah, Syukur Bijak juga mengingatkan Jama’ah Calon Haji agar mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Bapak dan Ibu Jama’ah Calon Haji, selain melaksanakan ibadah, Bapak dan Ibu itu adalah duta atau perwakilan dari kabupaten Luwu yang akan datang ke negara orang. Selayaknya sebagai tamu di negara orang, kita harus menjaga nama baik negara dan kampung kita. Oleh karenanya, Bapak dan Ibu harus bisa menghormati aturan dan ketentuan serta budaya yang berlaku di negara tersebut. Hindari perbuatan yang tidak terpuji, saling mengingatkanki selama disana, karena satu orang yang berbuat kesalahan, semuanya yang akan kena karena bukan nama Jama’ah yang disebut tetapi nama kampung darimana Jama’ah itu berasal yang disebut”, kata Syukur Bijak

Jama’ah Calon Haji Kabupaten Luwu tergabung dalam gelombang pertama Kloter 17 berangkat ke makassar hari ini dengan menggunakan 11 Bus dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci besok, rabu (18/7/2019) melalui embarkasi Makassar. Jumlah Jama’ah yang berangkat sebanyak 286 dari 288 total kuota yang diperoleh kabupaten Luwu, laki-laki sebanyak 91 orang dan perempuan sebanyak 195 orang. Dua orang batal berangkat atas nama Nurhidayah Jabbar karena terkena aturan larangan wanita yang berbadan dua (hamil) serta atas nama Bantuo Bondeng Lawerru karena sakit.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Luwu, M Djufrie, Pabung Luwu, Mayor Arm Syaharuddin, dan Wakapolres Luwu Kompol Abraham Tahalele.