//Bupati Luwu Beri Kecupan Terakhir Kepada Orang Tuanya

Bupati Luwu Beri Kecupan Terakhir Kepada Orang Tuanya

Latimojong, InfoPublik – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang tidak bisa menyembunyikan perasaan duka yang mendalam saat menghadiri acara pelepasan jenasah orang tua angkatnya, Almarhum H Majonni, di Desa Tolajuk Kecamatan Latimojong, Selasa (7/7/2020)

Setiba dilokasi, H Basmin Mattayang langsung duduk bersimpuh didepan jenasah sang ayah angkat sambil mengecup keningnya. Beberapa kali, H Basmin Mattayang menyeka air matanya dengan sapu tangan.

“Saya sangat bersedih karena almarhum adalah orang tua yang sangat baik sekali, bukan hanya kepada saya, tetapi juga kepada anak saya dan kepada masyarakat lainnya”, kata H Basmin Mattayang dengan nada yang tersendat-sendat karena menahan kesedihannya

Selain H Basmin Mattayang, almarhum juga memiliki seorang anak angkat bernama Hamruddin.

“Dulu, kami pernah duduk bertiga. Saat itu almarhum mengatakan bahwa saya diangkat menjadi anak sulungnya dan Hamruddin adalah adik saya. Semenjak itu, hubungan keluarga kami tetap terjalin sampai kepada anak cucu saya”, kenang H Basmin Mattayang

Almarhum H Majonni atau sering dipanggil dengan nama Puang H Majonni dikenal sebagai sosok tokoh masyarakat dan tokoh adat yang sangat kharismatik. Beliau dikenal memiliki pribadi sangat baik, bukan hanya kepada masyarakat dilingkungan sekitarnya tetapi diakui pula oleh para pendatang dari luar daerah terutama para pecinta alam yang pernah melakukan pendakian di Gunung Latimojong.

Sebut saja Icha, salah seorang Kelompok Pecinta Alam Akar Indonesia mengakui kebaikan dari Almarhum

“Setiap kami ingin melakukan pendakian ke Gunung Latimojong, kami pasti mampir ke rumah almarhum, disana kami langsung disambut dengan keramahannya, disuguhkan makanan dan selalu memberikan kami nasehat agar senantiasa mengingat kepada sang pencipta serta mengingatkan untuk menjaga kelestarian alam”, ucap Icha

Almarhum H Majonni, lahir di Ulusalu pada tanggal 31 Desember 1928. Semasa hidupnya, Beliau pernah mengajar di SD Kumila pada tahun 1965 dan menjadi Imam Desa Ulusalu tahun 1968 sampai tahun 1980. Almarhum juga pernah menjabat sebagai kepala desa Ulusalu periode 1980 hingga tahun 2002. Bergabung di Legiun Veteran RI tahun 1990. Almarhum juga menjadi perintis dimekarkannya Desa Boneposi tahun 1989 dan desa Pajang tahun 1990.

Ikut hadir dalam acara pelepasan jenasah, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, H Husmaruddin dan Jabbar Idris sementara anggota DPRD Kabupaten Luwu antara lain, Andi Mammang, Andi Mappatundru dan Ainun Masinring. Hadir Pula Ketua KNPI Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arham Basmin, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin, Para Kepala OPD lingkup Pemkab Luwu, Para Camat dan Kepala Desa Se kab Luwu.