//Dukung Gerakan Menanam Sayuran, Kadis Pertanian Serahkan Bantuan Alat Kultivator

Dukung Gerakan Menanam Sayuran, Kadis Pertanian Serahkan Bantuan Alat Kultivator

Belopa, InfoPublik – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu menyerahkan bantuan alat bajak tanah atau Kultivator kepada Ketua TP-PKK Kab Luwu, Hj Hayarna Basmin.

Penyerahan Kultivator ini sebagai bentuk sinergitas pemerintah kabupaten Luwu dalam mendukung kelancaran program Gerakan Menanam Sayuran yang terus menerus digalakkan oleh TP-PKK kabupaten Luwu.

Penyerahan dilakukan di Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Rabu (25/12/2019).

“Kultivator adalah alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk pengolahan tanah sekunder. Kultivator bekerja dengan menggunakan gigi yang sedikit menancap ke dalam tanah. Kultivator mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah yang besar, sebelum penanaman (untuk mengaerasi tanah) maupun setelah benih atau bibit tertanam (untuk membunuh gulma). Kultivator mengaduk tanah sebagian saja secara hati-hati sehingga tidak mengganggu tanaman pertanian”, Jelas Andi Pangerang.

Usai Penyerahan Alat Kultivator, Ketua TP-PKK Kab Luwu dengan penuh semangat langsung mempergunakan alat tersebut pada tanah milik warga yang disaksikan oleh Kepala Desa Senga Selatan beserta warganya.

“Terima kasih pemerintah kabupaten Luwu dalam hal ini Dinas Pertanian yang memberikan bantuan alat ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Gerakan Menanam sayuran. Dan alat ini bisa dipergunakan oleh sapa saja yang ingin menggarap lahannya untuk keperluan menanam sayuran”, kata Hj Hayarna Basmin.

Pada kesempatan itu, bersama dengan masyarakat TP PKK Kabupaten Luwu menanam bibit sayuran berupa Kangkung, Mentimun, Bayam, Kacang Panjang, Gambas, Cabai, Sawi dan Terong.