//25 Siswa SMA/SMK Luwu Ikuti Lomba Pidato Hari Anti Korupsi Internasional

25 Siswa SMA/SMK Luwu Ikuti Lomba Pidato Hari Anti Korupsi Internasional

Belopa, InfoPublik – Sebanyak 25 siswa-siswi SMA, SMK dan Madrasah Aliyah kabupaten Luwu mengikuti lomba pidato dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Luwu di aula pertemuan Kantor Bappeda Luwu, Kamis (5/12/2019).

Dengan mengangkat tema ‘Pemberdayaan Generasi Millenial Luwu untuk turut Membangun Budaya Anti Korupsi’, para peserta secara bergantian membawakan pidatonya dengan penuh semangat dihadapan juri yang berasal dari Pengadilan Negeri Belopa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Kesbangpol kab Luwu.

Penilaian lomba pidato berdasarkan pada materi yang berkaitan dengan tema kegiatan. Intonasi, mimik serta ketepatan waktu juga menjadi penilaian tim juri.

Bupati Luwu yang membuka kegiatan lomba pidato tersebut berharap agar seluruh SMA/SMK mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba karena memiliki banyak manfaat.

“Saya berharap kepada kepala sekolah, para guru untuk melibatkan anak didiknya dalam kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat, sangat mulia, sangat postif karena kegiatan ini merupakan ajang untuk menguji sekaligus mengaplikasikan ilmu (knowledge), menguji karakter, menguji jati diri, dan menguji kepercayaan diri anak didik kita. Momen ini pula tempat belajar bagi anak didik untuk bisa berbicara didepan umum, jangan pernah merasa takut salah karena dari kesalahan itu kita dapat jadikan pengalaman untuk mencari kebenaran”, kata H Basmin Mattayang.

Hal senada diungkapkan pula oleh Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronika Maramba yang mengharapkan dengan pelaksanaan lomba pidato ini dapat melahirkan generasi yang berbakat.

“Lomba Pidato ini bertujuan selain merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 9 desember setiap tahunnya, juga untuk melahirkan generasi yang berbakat, generasi penerus dan calon pemimpin di kabupaten Luwu, generasi yang memahami arti Korupsi dan melahirkan generasi anti korupsi”, kata Erny Veronika Maramba.

Berikut daftar juara pada Lomba Pidato :

Juara 1
Nurul Fagih A dari SMA Negeri 3 Luwu

Juara 2
Wahyuni Binti Masudah dari SMA Negeri 7 Luwu

Juara 3
Nurul Rahmadawi dari SMA Negerin13 Luwu

Juara Harapan 1
Mispa Andini dari SMA Negeri 11 Luwu

Juara Harapan 2
Mursalim dari SMKS Batara Panrita

Juara Favorite
Muh Irhas Muis dari SMA Negeri 18 Luwu