//Buka Tes SKD, Sekda Luwu Minta Peserta Semangat Dan Jujur

Buka Tes SKD, Sekda Luwu Minta Peserta Semangat Dan Jujur

Belopa, InfoPublik – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu, Ridwan Tumba Lolo secara resmi membuka Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019, di gedung Simpurusiang, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Rabu (26/2/2020)

Dihadapan para peserta seleksi dan tamu undangan, Penjabat Sekda Luwu menghimbau para peserta seleksi agar penuh semangat, teliti, jujur dan berkeyakinan untuk bisa menyelesaikan semua soal-soal tes.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta karena bisa memasuki tahap seleksi kemampuan dasar. Seleksi dengan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) ini, tidak ada siapapun yang bisa menjamin kelulusan, melainkan berdasarkan kemampuan peserta itu sendiri, sehingga dalam menyelesaikan semua soal-soal nantinya, peserta harus semangat, tanamkan keyakinan dalam diri bahwa kita mampu menyelesaikannya, jangan terburu-buru dan junjung tinggi kejujuran dalam menjalankan tes ini”, kata Ridwan Tumba Lolo.

Seleksi Kemampuan Dasar formasi tahun 2019 digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu dengan BKN Regional IV Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, H Sulaiman mengatakan, SKD bagi CPNS formasi 2019 akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26-28 Februari 2020

“Pelaksanaan tes SKD formasi tahun 2019 diikuti oleh 3050 peserta yang akan dilaksanakan selama 3 hari. Pemkab Luwu menyediakan 250 unit komputer untuk pelaksaan tes dengan sistem CAT sehingga peserta dibagi dalam beberapa sesi”, kata H Sulaiman

Pada hari pertama, tes SKD di laksanakan sebanyak 4 sesi sedangkan hari kedua dan ketiga masing-masing 5 sesi, dimana setiap sesi diikuti oleh 235 peserta.

Berdasarkan Surat Keputusan MenpanRB nomor 365 tahun 2019 tanggal 27 September 2019 tentang penetapan kebutuhan PNS lingkup Pemkab Luwu, formasi yang dibuka sebanyak 185 item dengan rincian kebutuhan adalah tenaga pendidik 103 orang, tenaga kesehatan 37 orang dan tenaga teknis 45 orang.

Untuk memastikan para peserta tidak membawa barang-barang yang bisa membantunya dalam menyelesaikan soal-soal, pihak panitia bekerjasama dengan personil Polres Luwu memeriksa setiap peserta yang akan memasuki ruangan dengan menggunakan logam detektor. Sedangkan dibeberapa sudut seputaran gedung personil gabungan TNI, Polri dan satpol PP bertugas mengamankan lokasi tempat pelaksanaan Tes SKD.

Bagi peserta tes CPNS Pemkab Luwu formasi 2019, BKN mematok nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126, nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 dan Tes Intelegensia Umum (TIU) 80.

Selain itu, peserta juga harus menyelesaikan soal-soal sebanyak 100 nomor dengan waktu selama 90 menit. Soal-soal terdiri dari soal TIU sebanyak 35 nomor, soal TKP sebanyak 35 dan soal TWK sebanyak 30 nomor.

Hadir pula dalam acara pembukaan, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kepala Kanreg IV Makassar, Harun Arsyad, Asisten II, Andi Palanggi, Asisten III, Baharuddin, Kasi Datun Kejari Luwu, Ady Haryadi Annas dan Dandramil Belopa, Kapten CBA Marthen Luther