//Kominfo Luwu Gelar Bimtek SP4N LAPOR!

Kominfo Luwu Gelar Bimtek SP4N LAPOR!

Belopa, Infopublik – Mensinergikan program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yaitu membantu pemerintah daerah menyelesaikan persoalan pengaduan masyarakat, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Luwu menggelar Bimbingan Teknis kepada para Admin Penghubung Aplikasi system Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Selasa (30/4/2019) di Aula Andi Kambo Kompleks Perkantoran Bupati Luwu.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Aminullah, mewakili Bupati Luwu dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 4 tahun 2016 tentang pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan public secara nasional bagi pemerintah daerah ke dalam Aplikasi SP4N-LAPOR!.

“Jika dulu pengaduan masyarakat langsung melapor ke Ombudsman dan terkadang masyarakat tidak mengetahui sejauhmana laporannya itu di tanggapi. Namun, melalui sistem aplikasi ini masyarakat akan bisa memantau sejauhmana proses pelaporannya melalui website atau aplikasi ini”, kata Aminullah

Untuk penerapannya, laporan masyarakat yang masuk terkait pelayanan publik yang diterapkan pemerintah daerah, oleh Kementerian PANRB meneruskannya ke unit kerja atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Saat ini, masih banyak komplain dari masyarakat mengenai pelayanan publik. Tetapi, komplain itu harus kita jadikan sebagai pemacu bagi para abdi Negara untuk semakin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Oleh karena hal itu, diharapkan para admin penghubung agar dalam bimtek ini betul-betul serius untuk menerima ilmu dari pemateri”, lanjut Aminullah

SP4N-LAPOR! Dikembangkan oleh Kementerian PANRB sebagai Kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional melalui website www.lapor.go.id dengan tujuan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membantu pembangunan pelayanan publik yang baik.

Sementara itu, Ketua Panitia, Rusmal menjelaskan tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi terkait masalah pelayanan publik dan memberikan pemahaman terkait pengoperasian Aplikasi SP4N-LAPOR! Kepada Admin Penghubung di tiap OPD dan Kecamatan lingkup pemda Luwu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo kab. Luwu, Anwar Usman mendampingi narasumber dari Tim Aplikasi SP4N-LAPOR! Sulawesi Selatan