//Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini, Bupati Luwu : Ini Tugas dan Tanggung Jawab Kita Bersama

Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini, Bupati Luwu : Ini Tugas dan Tanggung Jawab Kita Bersama

Belopa, InfoPublik – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi pelaksanaan pengembangan pendidikan anak usia dini (Paud) pra sekolah dasar (SD) minimal satu tahun di gedung pertemuan kantor Bappeda Luwu, Kamis (17/10/2019).

Bupati Luwu dalam sambutannya mengatakan, Lahirnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, menjelaskan bahwa Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan orang tua.

“Didalam Pembukaan UUD 1945 dikatakan bahwa negara bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa. Berbicara negara, maka mencakup semua elemen sehingga persoalan Pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama. Lahirnya Perpres Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini mengandung makna bahwa anak usia 5 tahun ke bawah sudah harus mengecam Pendidikan yang bertujuan antara lain penanaman nilai-nilai budaya, adat istiadat, sopan santun serta pengenalan baca tulis, sehingga ini menjadi tugas kita bersama, termasuk camat dan kepala desa untuk mendata semua warganya yang berusia 5 tahun ke bawah”, kata H Basmin Mattayang.

Lebih lanjut, Bupati Luwu mengatakan bahwa dalam memberikan Pendidikan kepada anak usia dini, peran orang tua sangatlah besar. Karena dirumah, orang tualah yang lebih banyak memberi contoh perilaku terhadap anak-anak.

“Membentuk karakter seorang anak sangatlah tergantung dari perilaku orang tuanya di rumah, sehingga sebelum anaknya dididik maka orang tuanya dulu yang perlu diberi pemahaman dan pengetahuan tentang pengembangan anak usia dini”, kata H Basmin Mattayang

Hadir dalam acara pembukaan sosialisasi, Bunda Paud kabupaten Luwu, Hj Hayarna Hakim, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Yusuf, para camat dan guru paud se kabupaten Luwu.