//Kapolres Luwu Beri Masukan Agar OPAL Dijadikan Obyek Wisata

Kapolres Luwu Beri Masukan Agar OPAL Dijadikan Obyek Wisata

Belopa, InfoPublik – Bersama Ketua Bhayangkari dan rombongan, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto melakukan kunjungan ke sekretariat TP PKK Kabupaten Luwu di Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Sabtu (7/3/2020)

Dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK Luwu, Hj Hayarna Basmin mengajak Kapolres Luwu beserta istri melihat langsung Obor Pangan Lestari (OPAL) sekaligus memanen sejumlah sayuran baik yang ditanam secara konvensional maupun melalui media hidroponik.

Kagum terhadap program menanam sayuran yang dilaksanakan secara serentak pada HUT Kota Belopa Ke-14, Kapolres Luwu beri masukan kepada Dinas Ketahanan pangan agar OPAL dikelola secara profesional dan berkelanjutan.

“Luar Biasa program menanam sayuran yang digalakkan pemerintah Kabupaten Luwu dan diprakarsai oleh ibu Ketua TP PKK. Saya yakin jika OPAL ini dikelola secara profesional dan berkelanjutan maka kedepannya akan ada obyek Wisata Pangan di Kabupaten Luwu”, kata AKBP Fajar Dani Susanto

Sementara itu, sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten, Hj Rahmatia mengatakan bahwa Obor Pangan Lestari yang dibuat di halaman Kantor TP PKK ini merupakan program pemerintah yang bermitra dengan TP PKK

“Atas prakarsa ibu Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Obor Pangan Lestari ini dibangun untuk pemenuhan kebutuhan pangan sebagai tujuan jangka pendek dalam memberikan contoh pemanfaatan lahan perkantoran untuk penyedia pangan”, kata Hj Rahmatia

Kedepannya, lanjut Hj Rahmatia, dengan melihat contoh tersebut masyarakat juga dapat memanfaatkan pekarangannya untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi keluarganya.

“Harapan kita masyarakat dapat pula memanfaatkan pekarangannya untuk mencapai tujuan jangka panjang, yaitu meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Selain itu, untuk meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat, meningkatkan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan akses pangan keluarga di Kabupaten Luwu”, jelas Hj Rahmatia.

Dengan Obor pangan ini, masyarakat akan mendapatkan sayur mayur yang berkualitas, sehat dan aman untuk dikonsumsi.