//Bupati Luwu Melepas 287 Jama’ah Calon Haji

Bupati Luwu Melepas 287 Jama’ah Calon Haji

Belopa. Infopublik – Bupati Luwu, H Basmin Mattayang melepas sebanyak 287 orang Jama’ah Calon Haji kabupaten Luwu tahun 2019 yang tergabung dalam gelombang pertama kloter 17 di aula pertemuan kantor Kementerian Agama kabupaten Luwu, senin (15/7/2019)

Pelepasan Jama’ah Calon Haji kabupaten Luwu ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Bupati Luwu kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Luwu.

Dalam arahannya, Bupati Luwu memberi pesan kepada para Jama’ah Calon Haji agar memperbanyak berzikir, tawaddu dan berserah diri.

“Ibadah haji itu adalah panggilan Allah, dan tidak semua orang mendapat panggilan itu, olehnya, sebelum berangkat, niatkan untuk beribadah, perbanyak istigfar, sholat taubat, sholat tahajjud dan sholat dhuha dan banyak-banyak berdoa agar selama di tanah mekkah nanti diberi kesehatan, keselamatan dan diberi kekuatan agar mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sempurna sehingga mampu memperoleh predikat haji mabrur”, kata H Basmin Mattayang

H Basmin Mattayang menyampaikan beberapa kisah terkait pengalaman yang pernah dilaluinya saat melakukan ibadah haji.

“Jika kita merasa pernah berbuat salah kepada orang, baik itu dari kata-kata yang kurang baik atau perilaku yang membuat orang tidak senang maka sebaiknya mintalah maaf kepada orang tersebut, karena banyak kejadian di tanah suci, perbuatan yang kita lakukan di kampung kita maka akan kita terima ujian bahkan balasan atas perbuatan yang pernah kita lakukan”, lanjut H Basmin Mattayang.

Terkait dengan pelaksanaan Pelepasan tidak disatukan waktunya dengan keberangkatan, H Basmin Mattayang berpendapat bahwa untuk tahun ini keberangkatan jama’ah calon haji harus lebih tertib.

“Seharusnya saat keberangkatan itu, para jama’ah calon haji lebih fokus kepada persiapan yang mapan sehingga tidak ada lagi yang kelupaan. Jika acara pelepasan digabungkan dengan keberangkatan, kosentrasi jama’ah calon haji akan terbagi antara persiapan keberangkatan dan mendengar sambutan-sambutan yang begitu Panjang”, kata H Basmin Mattayang.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, M Djufri dalam laporannya mengatakan, tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, dari 288 kuota pada tahun 2019, 1 orang tidak dapat ikut karena dalam keadaan hamil muda.

“Insya Allah pada tahun ini saya ikut mendampingi roombongan Jama’ah Calon Haji ke tanah suci, sesuai jadwal tanggal 17 juli 2019 kita akan tiba di asrama haji Sudiang dan pada tanggal 18 esok harinya rombongan akan langsung diberangkatkan ke tanah suci”, jelas M Djufri.